Home » » Inilah 10 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Inilah 10 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Micro Cyber 2 - Kesehatan memang sangat penting sekali bagi kelangsungan hidup manusia. Selalu segala upaya kita agar untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat mengancam tubuh manusia. Terutama pada kesehatan mata haruslah tetap sehat dan segar, karena mata lah yang sering kita gunakan untuk melihat sesuatu, jika sakit datang pada mata apa yang akan terjadi ? Oke kali ini saya akan berbagi tips kepada sobat yaitu tentang menjaga kesehatan mata. Langsung saja!

Inilah 10 Tips Menjaga Kesehatan Mata

1. Jaga Jarak Pandang Mata Pada Sesuatu Yang Dilihat

Kita harus menjaga jarak pandang ketika sedang berada dilayar komputer, televisi, ataupun gadget. Jarak pandang yang ideal sekitar 50-100cm. Seperti juga halnya ketika sedang membaca buku. Jarak yang ideal ketika membaca buku sekitar 30cm. Hal ini dimaksudkan agar dapat terhindar dari miopi atau rabun dekat. Kemudian dalam membaca buku jangan biasakan membaca sambil tiduran, karena dapat membuat kesehatan mata terganggu seperti dapat terkena miopi.


2. Pencahayaan Yang Cukup

Jangan menggunakan penerangan terlalu redup ketika sedang belajar atau membaca. karena penerangan yang kurang dapat menganggu kesehatan mata. Sepetri otot mata akan menjadi tegang dan mata cepat perih. Jika dalam beraktivitas mata terasa lelah, berhentilah untuk sementara waktu dan beristirahat.


3. Hindari Kebiasaan Mengucek Mata

Jadi jangan sering-sering sobat mengucek mata ketika mata terasa gatal. Karena ketika tangan sobat kotor sehabis memegang suatu benda dapat menginfeksi organ mata yang dapat berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata.


4. Sering Kedipkan Mata

Usahakan sobat sering mengedipkan mata dengan intensitas agak ditambah, pada saat fokus melihat sesuatu terlalu lama seperti komputer ataupun laptop.


5. Makan Makanan Yang Mengandung Vitamin A

Makanlah makanan yang mengandung Vitamin A, seperti halnya wortel yang mengandung vitamin A. Hal, ini dikarenakan wortel mengandung vitamin A dan beta karoten yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata sobat.


6. Pakailah Pelindung Mata

Cobalah sobat untuk memakai pelindung mata dalam berbagai kegiatan aktivitas seperti saat berkendara, olahraga, dan sebagainya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga untuk menghindari terjadinya cedera mata dan terhindar dari debu, atau terhindar dari silauan matahari.


7. Hindari Pemakaian Lensa Kontak Selama Lebih Dari 19 jam 

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata sobat sendiri. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.


8. Kurangi Penggunaan Obat Tetes Mata

Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata sobat sendiri.


9. Sering Melakukan Pemeriksaan Mata

Periksakanlah mata sobat secara rutin agar dapat terhindar dari penyakit yang menyerang mata sewaktu-waktu.


10. Istirahatkan Mata Sejenak

Jangan paksakan mata untuk berlama-lama membaca buku atau berada di depan layar komputer. Jika itu terlalu lama, mata akan sakit. Isitirahatkan mata selama beberapa menit.


Nah, itulah kiranya yang bisa saya bagkan kepada sobat semua :)
Semoga artikel diatas menjadi manfaat kepada sobat semua ..

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog