Home » » Pengertian Lengkap Tentang Proxy Server

Pengertian Lengkap Tentang Proxy Server

Micro Cyber 2 - Kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk membahas tentang jaringan komputer yaitu membahas mengenai Proxy Server. Mungkin sebagian besar sudah pada tahu tentang proxy ini, tetapi saya akan memperjelas yang telah sobat ketahui. Hehehe Oke langsung saja !

Pengertian Proxy Server

Proxy Server adalah server yang diletakkan antara suatu aplikasi client dan aplikasi server yang dihubungi. Aplikasi client dapat berupa browser web, client FTP, dan sebagainya. Sedangkan aplikasi server dapat berupa server web, server FTP dan sebagainya. 


Fungsi Utama Proxy Server

1. Connection sharing

Bertindak sebagai gateway yang menjadi batas antara jaringan lokal dan jaringan luar. Gateway juga bertindak sebagai titik dimana sejumlah koneksi dari pengguna lokal akan terhubung kepadanya dan koneksi jaringan luar juga terhubung kepadanya. Dengan demikian koneksi dari jaringan lokal ke internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh gateway secara bersama-sama (connecion sharing).

2. Filtering

Bekerja pada layar aplikasi sehingga berfungsi sebagai Firewalll paket filtering yang digunakan untuk melindungi jaringan lokal terhadap gangguan atau serangan dari jaringan luar. Dapat dikonfigurasi untuk menolak situs web tertenu pada waktu-waktu tertentu.

3. Caching

Proxy Server memiliki mekanisme penyimpanan obyek-obyek yang sudah diminta dari server-server di internet. Mekanisme caching akan menyimpan obyek-obyek yang merupakan permintaan dari para pengguna yang di dapat dari iternet.


Cara Kerja Proxy Server
Pengertian Lengkap Tentang Proxy Server
Pada saat user/client dari jaringan lokal misal (192.168.1.3) mengakses internet (www.facebook.com) lewat browser maka PC client tersebut akan menghubungi proxy server melalui eth1 (192.168.1.2) kemudian proxy server meneruskan request tersebut melalui eth0 (82.12.20.42), kemudian diteruskan ke alamat server yang direquest user, setelah mendapat respon balik ke proxy server akan diteruskan kembali ke user. Dan terbukalah tampilan http://www.facebook.com pada browser user.

Kemudian agar user dapat menggunakan proxy server maka dilakukan beberapa pengaturan pada aplikasi yang dipakai user, misalnya pada browser Mozilla Firefox pengaturan ada di Tools – Options – Advanced – Network – Settings, kemudian pilih Manual proxy configuration, dan isi IP proxy yang dipakai dan port yang digunakan. Itulah contoh simpel dari cara kerja dari proxy.


Kelebihan dan Kekurangan Proxy Server

1. Keuntungan Proxy Server

Keuntungan proxy server dalam suatu jaringan TCP/IP adalah :

  • Keamanan jaringan lebih terjaga, karena adanya proxy sebagai pembatas antara jaringan lokal dan jaringan luar (internet).


  • Pengaksesan kembali terhadap situs-situs yang telah diakses sebelumnya menjadi lebih cepat, karena pengaksesan tidak perlu ke jaringan luar (internet) melainkan ada pada direktori cache proxy.
  • Terdapat fasilitas filtering, baik filtering pengguna, content dan waktu akses.

    2. Kekurangan Proxy Server

    Kekurangan proxy server adalah :

  • Pengaksesan terhadap situs yang belum pernah dibuka sebelumnya akan menjadi lebih lambat, karena client harus meminta terlebih dahulu ke pada proxy, setelah itu baru proxy yang akan meminta request dari client tersebut ke pada penyedia layanan internet.


  • Bila proxy server terlambat melakukan update cache, maka client akan mendapatkan content yang belum update ketika melakukan request content tersebut.

  • Kemudian ada beberapa macam aplikasi yang digunakan oleh proxy server itu sendiri seperti :
    1.      SQUID
    2.      SAFESQUID
    3.      PRIVOXY
    4.      OOPS
    5.      TINYPROXY
    6.      MIDDLEMAN


    Nah, itulah kiranya pengertian dan penjelasan tentang proxy server yang mungkin cukup lengkap. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat untuk sobat semua. Terimakasih~

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Mengenai Saya

    Arsip Blog