Home » » Hikmah Dan Keajaiban Shalat Tahajud

Hikmah Dan Keajaiban Shalat Tahajud

Micro Cyber 2 - Kali ini saya akan mengajak sobat semua untuk membahas tentang hikmah sholat tahajud. Oke sebagai umat muslim kita mestinya tahu apa itu shalat tahajud, Shalat Tahajud merupakan salah satu shalat sunah yang bisa dilakukan minimal 2 rakaat dan biasanya dilakukan pada malam hari atau pada waktu 3/4 malam (pukul 3 pagi). Sedikit tambahan, pada saat sebelum shalat 5 waktu diturunkan, Nabi Muhammad SAW mewajibkan shalat ini lho sob tetapi untuk sekarang shalat ini bisa disebut shalat yang sangat dianjurkan, jadi tidak wajib.

Sebagaimana Allah SWT berfirman :

وَمِنَ اللَّيْلِ فَاسْجُدْ لَهُ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا

Artinya : “Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang dimalam hari.” (QS. Al-Insaan: 26).


  وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا 

Artinya : “Dan pada sebagian malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji”. (QS : Al-Isro’ : 79).


Kemudian Rasulullah SAW pernah mengatakan" “Jika matahari sudah terbenam, aku gembira dengan datangnya malam dan manusia tidur karena inilah saat hanya ada Allah dan aku.”

Dan ayat-ayat lain dalam Al Quran yang menyiratkan keutamaan shalat tahajud ini dan hal yang istimewa dalam shalat Tahajud, adalah bahwasanya sholat tahajud adalah satu-satunya shalat sunnah yang perintahnya terdapat langsung dalam Al Qur'an. Hal ini mengisyaratkan kedudukan tinggi yang memiliki derajat yang hampir setara dengan shalat wajib
Hikmah Dan Keajaiban Shalat Tahajud
Pada Tarikh/ sejarah islam yang telah mencatat bahwa Rasulullah Saw dan para sahabat selalu melaksanakan shalat malam atau shalat tahajud. shalat tahajud adalah shalat yang sangat mulia karena walaupun berhukum sunah tapi itu merupakan perintah langsung dari Allah SWT. Jadi sob, lakukanlah shalat tahajud karena banyak sekali manfaat dan keajaiban disitu.

Dan Inilah Beberapa Keajaiban Shalat Tahajud Yang Sangat Besar  :


1. Shalat Tahajud Sebagai Salah Satu Tiket Masuk Surga

Abdullah Ibn Muslin berkata, dan kalimat yang pertama kali ku dengar dari Rasulullah Saw saat itu adalah, “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, bagikanlah makanan, sambunglah silaturahmi, tegakkan lah shalat malam saat manusia lainnya sedang tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

2. Amal Yang Menolong di Akhirat

Allah SWT berfirman,

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ , آخِذِينَ مَا آتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ , كَانُوا قَلِيلاً مِّنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ * وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

 “Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada di dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah.” (QS. Az Zariyat: 15-18)

Ayat di atas menunjukkan bahwa orang yang senantiasa bertahajud Insya Allah akan mendapatkan balasan yang sangat nikmat di akhirat kelak. Aamiin ..

3. Pembersih Penyakit dan Menjaga Kesehatan Rohani dan Jasmani

Salman Al Farisi berkata, Rasulullah Saw bersabda, “Dirikanlah shalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat) mendekatkan kamu kepada tuhanmu, (shalat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh.” (HR. Ahmad). 

Dan juga dalam hadist tirmidzi,“Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sbelum kalian. Wahana pendekatan diri pada Allah Swt, penghapus dosa, dan pengusir penyakit dari dalam tubuh.” (HR. At-Tarmidzi)

Allah SWT Juga berfirman, “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64)

4. Sarana Pengabulan Permohonan.

Allah SWT berjanji akan mengabulkan doa orang-orang yang menunaikan shalat tahajud dengan ikhlas. Dari Jabir berkata, bahwa nabi Saw bersabda, “Sesungguhnya di malam hari , ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia dan akhirat, pasti Allah memberinya, Itu berlangsung setiap malam.” (HR. Muslim)

5. Penghapus dosa dan kesalahan

Dari Abu Umamah al-Bahili berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Lakukanlah Qiyamul Lail (Shalat Malam/ Tahajud), karena itu kebiasaan orang saleh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. At-Tirmidzi)

6. Jalan Mendapat Tempat Yang Terpuji

Seperti yang disebutkan dalam firman Allah diatas tadi,

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’:79)

7. Waktu Utama Untuk Berdoa

Amru Ibn ‘Abasah berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah Saw, “Ya Rasulullah! Malam apakah yang paling di dengar?”, Rasulullah Saw menjawab, “Tengah malam terakhir, maka shalat lah sebanyak yang engkau inginkan, sesungguhnya shalatwaktu tersebut adalah maktubah masyudah (waktu yang apabila bermunajat maka Allah menyaksikannya dan apabila berdoa maka didengar doanya)” (HR. Abu Daud).

Nah, itulah kiranya penjelasan singkat tentang hikmah dari shalat tahajud, sebenarnya masih banyak sekali keajaiban-keajaibanya. Tetapi ya itu saja yang saya umpamakan sob hehehe. Semoga bermanfaat untuk sobat semua dan jangan lupa melaksanakan shalat tahajud ya sob :D . Terimakasih~
sumber:http://holikulanwar.blogspot.com/2014/02/keutamaan-dan-keajaiban-solat-tahajud.html

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog