Home » » 5 Cara Meningkatkan Fungsi Ginjal

5 Cara Meningkatkan Fungsi Ginjal

   Ginjal terletak di punggung dan mereka berbentuk seperti kacang. Meskipun ada dua dari mereka, Anda masih dapat bertahan jika Anda hanya memiliki satu. Beberapa fungsi utama mereka adalah untuk menyimpan elektrolit, mineral dan garam, dan untuk menghilangkan limbah dari darah dalam bentuk urin. Ketika ginjal menjadi tidak berfungsi, tubuh bisa mengalami kelesuan, kehilangan nafsu makan, mengantuk, dan kram otot. Cara untuk meningkatkan fungsi ginjal adalah dengan membuat beberapa penyesuaian dalam pola makan dan gaya hidup.


Langkah 1

Jaga berat badan Anda di bawah kendali. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, Anda menjalankan risiko mengembangkan diabetes yang merupakan faktor risiko untuk penyakit ginjal. Hindari kalori tinggi, makanan tinggi lemak dan karbohidrat olahan. Makanlah makanan padat nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, daging tanpa lemak, biji-bijian dan kacang-kacangan sebagai gantinya.

Langkah 2

Dapatkan beberapa latihan. Olahraga dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan mobilitas, dan dapat bekerja bersama dengan diet Anda untuk menjaga berat badan Anda di bawah kendali. Bidik 30 menit latihan sedang setidaknya tiga hari seminggu. Beberapa contoh berenang, bersepeda, berlari, latihan beban dan berjalan. Tingkat sedang latihan harus memberikan Anda perasaan yang sedikit terengah-engah.

Langkah 3

Mengontrol tekanan darah Anda. Memiliki tekanan darah tinggi, yang dikenal sebagai hipertensi, juga dapat berkontribusi untuk penyakit ginjal. Untuk menghindari hal ini terjadi, menjaga asupan garam pada tingkat rendah.

Langkah 4

Biarkan racun keluar dari tubuh Anda. Menurut National Kidney Foundation, penggunaan konsisten over-the-counter penghilang rasa sakit, obat resep dan obat-obatan jalanan ilegal dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Hindari semua ini bersama dengan makanan yang memiliki bahan kimia dan pestisida.

Langkah 5

Perhatikan asupan protein Anda. Jika ginjal bekerja dengan baik, limbah bisa dihapus dan protein tetap dalam darah. Tapi ketika ginjal lemah, protein mungkin tidak bisa dipisahkan dari limbah. Jika Anda memiliki fungsi ginjal yang rendah, jangan makan dalam jumlah yang tinggi, seperti yang akan terjadi dengan makanan tinggi protein. Tetap pada pedoman RDA protein dari 10 sampai 35 persen dari total asupan kalori harian Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog