Home » » Cara Mencegah Penyakit Influenza

Cara Mencegah Penyakit Influenza

    Penyakit influenza pada umumnya tidak terlalu berbahaya dan akan sembuh dengan sendirinya setelah 1-2 minggu, yang menjadi masalah adalah gejala yang ditimbulkan oleh virus influenza ini sangat menggangu aktivitas sehari-hari. Tetapi juga jangan dianggap remeh karena ada strain dari virus influenza ini yang cukup mematikan dan dapat menyebabkan konflikasi dengan yang lainnya. Artikel di bawah ini akan sedikit menguraikan bagaimana cara mencegah penyakit influenza ini. Apakah Anda sudah vaksinasi flu tahun ini? beberapa tindakan pencegahan sederhana dapat membantu melindungi Anda dan keluarga Anda:

Cuci tangan Anda. Antiseptik berbasis alkohol dan gel yang terbaik. Cuci tangan Anda selama minimal 15 detik dengan sabun biasa dan air juga akan membantu. Ini tidak perlu menggunakan air yang sangat panas atau sabun “antibakteri”.

Jaga jarak Anda. Flu dapat menular pada jarak tiga kaki dari pasien terkena virus influenza. Pakailah masker jika Anda berada dalam kelompok risiko tinggi dan Anda tidak dapat menghindari mereka sebagai korban flu.

Melindungi orang lain. Jangan pergi ke tempat kerja atau sekolah jika Anda anda mengalami flu.

Pencegahan dengan Vaksinasi. Vaksin baru yang diproduksi untuk setiap musim flu, masing-masing melindungi terhadap dua strain influenza A dan satu strain influenza. Anak-anak usia enam bulan sampai delapan tahun yang belum pernah diimunisasi membutuhkan dua dosis, tapi satu dosis akan cukup untuk orang lain.
Suntik vaksin dapat diberikan kepada hampir semua orang, kecuali orang-orang yang alergi terhadap telur atau vaksin itu sendiri. Efek samping yang ringan dan jarang, sedikit sakit atau demam. Imunisasi dapat mengurangi risiko terkena flu hingga 80%. Berikut adalah daftar prioritas tinggi untuk mendapatkan vaksin:
1.    Semua anak-anak usia enam bulan sampai empat tahun
2.    Semua orang dewasa usia 50 dan lebih tua
3.    Anak-anak dan remaja usia 6 bulan sampai 18 tahun yang menerima terapi aspirin jangka panjang
4.    Wanita yang cenderung hamil selama musim flu
5.    Orang-orang yang memiliki asma, diabetes, atau penyakit kronis paru-paru mereka, jantung, darah, ginjal, atau hati
6.    Orang yang memiliki penyakit atau mengambil obat yang merusak sistem kekebalan tubuh
7.    Warga fasilitas perawatan kronis
8.    Petugas kesehatan dan penyedia perawatan anak
9.    Pengasuh dengan resiko tinggi

Pencegahan dan pengobatan Penyakit Influenza

Jika Anda terkena flu dan dapat memulai pengobatan dalam waktu sekitar 36 jam, mintalah dokter Anda tentang oseltamivir atau zanamivir. Dengan atau tanpa obat antivirus, pastikan untuk mendapatkan banyak istirahat dan minum banyak cairan. Acetaminophen (Tylenol dan merek lain) dapat membantu meringankan demam dan nyeri, aspirin juga efektif, tetapi tidak boleh digunakan oleh pasien flu di bawah 18 tahun. Dan pastikan untuk menghubungi dokter Anda segera jika Anda berpikir Anda sedang mengembangkan pneumonia atau komplikasi lain yang mungkin memerlukan antibiotik atau rawat inap.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog