Home » » Pengertian Reaksi nuklir

Pengertian Reaksi nuklir

    Reaksi nuklir adalah proses yang terjadi ketika inti atom kehilangan partikel subatom ke tingkat yang sifat-sifatnya berubah. Atom asli dari unsur yang mengalami reaksi nuklir dapat menjadi isotop yang berbeda, atau variasi, dari unsur yang sama atau dapat menjadi unsur yang berbeda sama sekali. Reaksi nuklir yang erat kaitannya dengan radiasi secara umum, yang dapat terjadi secara spontan di luar reaksi. Radiasi hanya menggambarkan proses energi atau partikel yang dipancarkan dari sebuah atom atau partikel lain. Reaksi nuklir Untuk jangka pendek, biasanya khusus merujuk ke situasi di mana dua buah atom bertabrakan dan mengubah sifat dari setidaknya satu dari inti atom.
Reaksi nuklir dapat terjadi dalam berbagai bentuk, masing-masing memberikan hasil yang sangat berbeda. Dalam reaksi fisi, partikel besar dan sering tidak stabil, baik secara spontan maupun sebagai hasil dari tabrakan, terbagi terpisah menjadi dua partikel yang berbeda. Hal sebaliknya terjadi pada reaksi nuklir fusi: dua partikel yang lebih kecil bertabrakan dan inti mereka bergabung membentuk partikel yang lebih besar. Reaksi fusi terjadi secara alami dalam bintang, namun upaya yang paling manusia secara efektif dan efisien mengendalikan mereka telah gagal. Dalam reaksi spallation, inti dipukul dengan momentum yang cukup untuk mengeluarkan beberapa neutron atau proton, sehingga mengurangi berat atom partikel.
Reaksi nuklir fisi digunakan dalam reaktor nuklir untuk menghasilkan energi yang dapat digunakan. Partikel yang tidak stabil bertabrakan dan terpecah, menghasilkan sejumlah besar energi kinetik dan termal. Energi ini dapat dipanen oleh reaktor nuklir dan digunakan untuk masalah manusia. Ada minat yang signifikan dalam penggunaan reaksi fusi untuk menghasilkan tenaga, karena mereka cenderung untuk melepaskan sejumlah besar energi. Sayangnya, reaksi fusi yang sangat sulit untuk dikendalikan – mereka terjadi secara alami dalam tekanan tinggi, kondisi energi tinggi hadir pada bintang, dan kondisi seperti itu sangat sulit untuk ditiru.

Ada beberapa jenis partikel yang umumnya dipancarkan dari inti selama reaksi nuklir. Partikel alpha pada dasarnya sama dengan inti atom helium dan terdiri dari dua neutron dan dua proton terikat bersama. Partikel beta hanya elektron, mereka memiliki massa jauh lebih kecil dan muatan negatif. Neutron juga dilepaskan dalam reaksi nuklir, mereka sangat tajam karena mereka memiliki muatan netral sehingga ada beberapa kekuatan yang mencegah mereka melewati berbagai zat, termasuk kulit manusia. Sinar gamma adalah sinar yang meninggalkan inti dalam bentuk energi murni, mereka juga sangat tajam dan dapat melewati hampir apa-apa karena massa tidak ada dan muatan netral.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog