Home » » Apakah Penyebab Influenza ?

Apakah Penyebab Influenza ?

     Influenza (juga dikenal dengan flu) yang benar adalah penyakit infeksi akut yang disebabkan oleh anggota keluarga Orthomyxovirus (gambar 1): virus influenza A (gambar 2), B atau, pada tingkat yang jauh lebih rendah, virus influenza C (gambar 3). Namun, istilah ‘flu’ sering digunakan untuk penyakit pernapasan demam dengan gejala-gejala sistemik yang mungkin disebabkan menjadi segudang agen bakteri atau virus serta virus influenza. Komplikasi influenza dapat mencakup pneumonia bakteri, infeksi telinga, infeksi sinus, dehidrasi, dan memburuknya kondisi medis kronis, seperti gagal jantung kongestif, asma, atau diabetes.

Penyebab flu

Flu disebabkan oleh virus influenza tipe A, B, dan C. Kedua tipe A dan tipe virus flu B bertanggung jawab atas wabah musiman flu. Jenis A flu virus yang ditemukan pada hewan yang berbeda, termasuk bebek, ayam, babi, dan kuda. Virus influenza B beredar luas hanya di kalangan manusia.
Virus flu menyebar terutama dari orang ke orang, melalui batuk atau bersin oleh orang yang terinfeksi influenza. Kadang-kadang orang dapat terinfeksi dengan menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mulut atau hidung mereka. Orang dewasa yang sehat mungkin dapat menulari orang lain mulai satu hari sebelum timbul gejala dan sampai tujuh hari setelah menjadi sakit. Ini berarti seseorang mungkin dapat menularkan flu ke orang lain sebelum pernah tahu mereka sakit.

Gejala flu

Gejala flu termasuk demam, sakit kepala, kelelahan, batuk, sakit tenggorokan, hidung berair atau tersumbat, nyeri tubuh, diare dan muntah (lebih umum di antara anak-anak daripada orang dewasa).
Jika Anda mengalami gejala flu dan khawatir tentang penyakit Anda, terutama jika Anda berada pada risiko tinggi untuk komplikasi dari flu, Anda harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Mereka yang berisiko tinggi untuk komplikasi termasuk orang 65 tahun atau lebih tua, orang dengan kondisi medis yang kronis, wanita hamil, dan anak-anak.

Mencegah flu

Langkah yang paling penting dalam pencegahan flu adalah mendapatkan vaksinasi setiap tahun dengan suntikan flu. Hindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit, tinggal di rumah ketika Anda sakit, menutup mulut dan hidung ketika batuk atau bersin, mencuci tangan Anda, hindari menyentuh mata, hidung atau mulut, banyak tidur, dan minum banyak cairan . Dalam situasi tertentu, obat antivirus dapat digunakan untuk mencegah influenza musiman.

Mengobati flu

Jika Anda terkena flu, ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan di rumah, seperti mendapatkan banyak istirahat, minum banyak cairan, menghindari penggunaan alkohol dan tembakau, dan minum obat untuk meringankan gejala flu. Menggunakan aspirin atau ibuprofen juga dapat membantu untuk mengobati demam, sakit kepala dan nyeri otot yang berhubungan dengan flu. Aspirin tidak boleh digunakan untuk mengobati gejala seperti flu pada anak-anak. Obat antivirus mungkin juga akan diresepkan untuk mengobati flu, tergantung pada durasi penyakit, keparahan gejala, dan riwayat kesehatan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog