Home » » Apa itu Parasetamol ?

Apa itu Parasetamol ?

      Parasetamol sering lebih dikenal dengan nama alternatif nya asetaminofen. Ini adalah obat umum yang biasanya tersedia di warung-warung dan dijual dengan nama merek seperti Tylenol®:. Kegunaan utamanya adalah untuk menghilangkan rasa sakit (analgesik) dan untuk mengurangi demam (antipiretik), dan biasanya ringan dengan sedikit efek samping. Kebanyakan orang dapat mengambil parasetamol tanpa masalah, meskipun ada beberapa kasus di mana mungkin kontraindikasi.
Parasetamol pertama kali diperkenalkan di Inggris pada tahun 1956 dan dipasarkan dengan nama Panadol®. Karena tidak menyebabkan iritasi lambung seperti kalau menggunakan aspirin, dengan cepat menjadi obat alternatif yang populer untuk mengobati rasa sakit atau demam dan bentuk cair untuk anak-anak diluncurkan hanya beberapa tahun setelah pil Panadol pertama terjual.
Tylenol diproduksi beberapa tahun lebih awal dari Panadol, di Amerika Serikat pada tahun 1948. Namun perlu dicatat bahwa bahan aktif dari kedua merek telah digunakan sampai tingkat tertentu sejak akhir abad ke-19. Sekarang ada beberapa versi nama merek obat di pasaran, dan banyak versi generiknya. Obat Generik biasanya akan menghemat beberapa rupiah dan bekerja sama baiknya dengan dengan obat dengan versi bermerek.
Ada juga beberapa penggunaan resep parasetamol. Hal ini dapat dikombinasikan dengan obat-obatan seperti kodein dalam penghilang rasa sakit. Ada juga yang menggunakan parasetamol dikombinasi dengan aspirin atau dengan dekongestan.
Meskipun parasetamol relatif aman untuk berbagai orang (bahkan dapat digunakan secara aman oleh wanita hamil), itu tidak benar-benar aman jika dikonsumsi dalam keadaan tertentu. Obat ini diproses dalam hati, dan terlalu sering menggunakan asetaminofen dapat menyebabkan kerusakan 
hati. Tingkat yang aman untuk orang dewasa tidak lebih dari 600 miligram setiap empat jam tidak lebih dari 10 hari, kecuali diresepkan oleh dokter.

Ada obat-obatan tertentu yang dapat membuat asetaminofen kurang efektif. Ini termasuk karbamazepin (Tegretol), yang umumnya diresepkan untuk mengobati gangguan bipolar. Obat lain yang mungkin tidak berinteraksi dengan baik dengan parasetamol termasuk warfarin (Coumadin ®). Berpotensi ada risiko peningkatan pengenceran darah jika Anda mengambil kedua obat tersebut, dapat berbahaya.
Peringatan terbesar untuk merek Tylenol® dan atau obat generik lain adalah dapat menyebabkan kerusakan hati yang signifikan jika digunakan dengan alkohol. Jangan gunakan obat ini untuk pulih dari sakit kepala atau mabuk yang disebabkan oleh alkohol. Obat ini juga dapat kontraindikasi jika Anda memiliki bentuk penyakit hati atau disfungsi hati.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog