Home » » Pengertian Jaringan Berdasarkan Protokol, Metode Koneksi, Topologi, dan Arsitektur

Pengertian Jaringan Berdasarkan Protokol, Metode Koneksi, Topologi, dan Arsitektur


Jaringan Dasar Komputer

Micro Cyber 2 - Kali ini saya akan melanjutkan artikel yang berjudul Pengertian Jaringan Komputer Berdasarkan Skalanya

Nah, langsung saja ya sob !


A. Jaringan Berdasarkan Protokol

Protokol Jaringan adalah perangkat aturan yang digunakan dalam jaringan, Protokol adalah aturan main yang mengatur komunikasi diantara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan sehingga komputer-komputer anggota jaringan dan komputer berbeda platform dapat saling berkomunikasi. semua jenis-jenis jaringan komputer menggunakan protokol. Aturan-aturan Protokol adalahtermasuk di dalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara atau metode mengakses sebuah jaringan, topologi fisik, tipe-tipe kabel dan kecepatan transfer data.  http://microcyber2.blogspot.com/

Berikut adalah Jenis-Jenis Protocol Jaringan komputer :

1.         Ethernet
2.         Local Talk
3.         Token Ring
4.         FDDI
5.         ATM



B. Jaringan Berdasarkan Metode Koneksi

Menurut metode koneksinya, jaringan bisa dibagi jadi jaringan berkabel (wired/wireline network) serta jaringan tanpa kabel/nirkabel (wireles network).   http://microcyber2.blogspot.com/

Jaringan berkabel, sesuai sebutannya merupakan jaringan yang menggunakan kabel untuk menghubungkan bagian dari jaringan. Ada beberapa macam kabel yang dapat dipakai dalam jaringan, yakni kabel koaksial (coaxial), twistded pair yang meliputi kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) serta kabel STP (Shielded Twisted Pair) dan Fiber Optic (Serat Optik). Jaringan nirkabel adalah jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk koneksi antar bagian jaringan.



C. Jaringan Berdasarkan Topologi

Topologi Jaringan adalah, hal yag menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. 

Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 5 kategori utama seperti di bawah ini :

1. Topologi Bintang
2. Topologi Cincin
3. Topologi Bus
4. Topologi Mesh
5. Topologi Pohon    http://microcyber2.blogspot.com/



D. Jaringan Berdasarkan Arsitektur

Berdasarkan arsitekturnya jaringan komputer dapat digolongkan menjadi 3 bentuk : 

1. Jaringan Peer-to-peer
2. Jaringan Client/Server 
3. Jaringan Hybrid


1. Jaringan Peer-to-Peer 

Jaringan Peer-to-peer merupakan sebuah jaringan workgroup, dimana setiap komputer dapat berfungsi sebagai client dan server sekaligus. 

Dalam jaringan P2P, dua atau lebih komputer telah terhubung melalui suatu jaringan dan dapat berbagi sumber daya (seperti printer dan file) tanpa memiliki server yang berdiri sendiri.


2. Jaringan Client/Server 

Dalam model client/server, perangkat yang meminta informasi disebut dengan client sedangkan  perangkat yang menanggapi terhadap permintaan client tersebut disebut dengan server. 

Proses client/server dipertimbangkan sebagai lapisan aplikasi. Client memulai pertukaran dengan melakukan permintaan data dari server, yang kemudian menanggapi permintaan dengan mengirimkan satu atau lebih aliran-aliran data ke client.   http://microcyber2.blogspot.com/


3. Jaringan Hybrid 

Jaringan komputer Hybrid menggunakan standar komunikasi yang berbeda secara bersamaan, seperti Ethernet dan WiFi. jaringan ini menggunakan router khusus, switch, hub untuk menghubungkan komputer serta perangkat peripheral.    http://microcyber2.blogspot.com/

Jaringan Hybrid Menggabungkan keuntungan antara jaringan client/server dan jaringan P2P (peer-to-peer).  User dapat mengakses seluruh sumber daya yang di bagikan oleh jaringan peer-to-peer, dan dalam waktu yang bersamaan dapat menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server.



Nahh, itu tadi sob pengertian-pengertian dari jaringan berdasarkan Protokol, Metode koneksi, Topologi, Arsitektur. Maaf jika saya tidak memberi gambarnya karena ya gitulah, hahaha.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat ... :)


Baca Ini Juga : Pengertian Jaringan Komputer Berdasarkan Skalanya


.:: www.microcyber2.blogspot.com ::.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog