Home » » Pengertian Gaya dan Contohnya

Pengertian Gaya dan Contohnya

     Gaya Fisika adalah objek eksternal atau agen yang menyebabkan perubahan gerak benda bebas lainnya atau tekanan dalam obyek tetap atau benda. Sederhananya, sebuah gaya berlaku dorongan atau tarikan ke obyek yang menyebabkan untuk berubah arah, perubahan kecepatan, atau berubah bentuk sampai tingkat tertentu. Gaya Fisika memiliki besar dan arah, yang membuat mereka, untuk tujuan matematis disebut besaran vektor. Ada berbagai jenis gaya, dari tumbukan benda-benda fisik sederhana sampai tolakan medan elektromagnetik yang kompleks dengan berbagai benda. Para ilmuwan masih tidak sepenuhnya memahami cara kerja gaya, karena banyak, seperti gravitasi, secara intrinsik terkait dengan sebagian bidang besar fisika kuantum.
Ada banyak gaya fisika yang berbeda yang telah diamati dan yang digunakan dalam perhitungan mengenai fisika. Gaya yang diterapkan umumnya dianggap gaya sederhana. Meskipun sebagian besar jenis gaya biasanya bisa dianggap gaya yang bekerja, istilah ini biasanya diperuntukkan bagi aksi, seringkali manusia, yang secara langsung mendorong atau menarik pada sebuah sistem. Gaya lain yang umum dan penting yang dikenal sebagai gaya normal. Gaya normal adalah gaya yang sama diterapkan oleh suatu benda, seperti lantai, ketika objek lain menghasilkan tekanan untuk itu, gaya ini adalah alasan kenapa orang yang tidak tenggelam ke dalam tanah ketika mereka berjalan di atasnya.
Salah satu gaya yang paling penting adalah gravitasi, yang tidak diidentifikasi sebagai sebuah gaya sampai munculnya karya Isaac Newton. Gravitasi memenuhi definisi sebuah gaya karena menyebabkan perubahan gerak benda. Sebuah bola dilemparkan tentu saja akan ke udara, kembali lagi ke tanah karena gaya gravitasi. Gaya elektromagnetik juga biasanya dipelajari gaya fisika melibatkan tarikan dan tolakan antara objek berbeda yang berkaitan dengan muatan.
Gaya nuklir merupakan bagian integral dari studi gaya fisika, terutama di bidang fisika kuantum. Ada dua jenis utama dari gaya nuklir, gaya nuklir kuat dan gaya nuklir lemah. Gaya nuklir kuat adalah gaya yang bertanggung jawab untuk memegang bersama partikel subatom yang membentuk inti atom, dan gaya atom lemah terlibat dalam pelepasan partikel subatom.

Ada banyak jenis gaya juga. Namun, semua gaya fisika, pada dasarnya melakukan hal yang sama dengan cara yang sangat berbeda dan pada skala yang sangat berbeda. Mereka menyebabkan perubahan, biasanya berkaitan dengan gerak, pada objek lain. Banyak gaya fisika saling terkait dan dapat memiliki efek yang berbeda-beda satu sama lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog