Home » » Enkripsi Data Pada Samsung Smart TV Diklaim Palsu

Enkripsi Data Pada Samsung Smart TV Diklaim Palsu


Baru-baru ini para peneliti keamanan menemukan fakta bahwa data pada Samsung Smart TV yang mentransmisikan kembali menuju server sama sekali tidak terenkripsi. Hal ini terjadi setelah adanya kebijakan kontroversi dari Samsung tentang privasi untuk smart TV yang pada intinya mengatakan kepada para pengguna bahwa mereka harus berhenti untuk membahas informasi penting yang mereka ambil dari televisi. Saat itu Samsung mengatakan bahwa hal itu hanya dilakukan oleh smart TV model lama dan pada smart TV yang baru data akan terenkripsi sebelum mereka mengirimnya. Namun ternyata, hal ini telah terbukti palsu.

Pada pengujian yang dilakukan oleh Pentest Partners , mereka menggunakan Samsung Smart TV tipe UE46ES8000 yang merupakan smart TV dari Samsung yang dibuat pada dua tahun yang lalu. Selain itu mereka mereka juga menggunakan Samsung Smart TV tipe UE55HU7500, yang mulai muncul pada pertengahan 2014.

Pentest Partners menguji kedua model Smart TV dari Samsung tersebut dan mereka menemukan bahwa data masih tidak terenkripsi sebelum ditransmisikan ke server, dan data yang dikirimkan masih berwujud plaintext. Tentunya kita mengira bahwa Samsung Smart TV terbaru ini yang telah diluncurkan beberapa bulan lalu memiliki update software terbaru yang diharapkan akan memperbaiki masalah ini. Namun ternyata pada update terbaru ini, data masih tidak dienkripsi.
Saat ini belum ada komentar resmi dari Samsung tentang adanya laporan ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog