Home » » Terserang Flu? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

Terserang Flu? Coba Konsumsi 5 Makanan Ini

     makanan pelawan flu
     Ketika musim hujan tiba, kondisi tubuh jadi lebih berisiko untuk terkena serangan beragam penyakit. Penyakit yang kerap terjadi di musim penghujan adalah flu, di mana penyakit ini termasuk salah satu penyakit yang cepat menular. Flu terjadi karena adanya infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan termasuk tenggorokan, hidung, serta paru-paru.

     Salah satu efek yang ditimbulkan penyakit flu adalah daya tubuh yang cenderung melemah. Namun demikian, anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut karena ada beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan kebugaran tubuh anda.

Beberapa makanan yang bisa melawan flu 

     Adapun salah satu cara mudah yang bisa melawan flu atau pilek adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang bisa membantu membangun sel-sel sehat dalam tubuh. Apa saja makanan tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Bawang putih

     Bawang putih mempunyai sifat anti-mikroba yang bisa menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, bawang putih juga bisa membantu melancarkan saluran pernapasan. Jika anda tidak bisa mengonsumsinya secara langsung, anda bisa mencampurkan bawang putih ke dalam masakan favorit anda.

Daging sapi

     Salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah daging sapi. Daging sapi adalah sumber zat besi yang baik, yang berperan penting dalam perkembangan sel-sel darah putih, di mana sel-sel tersebut berperan mempertahankan daya tahan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan zat besi dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, protein yang terkandung dalam daging sapi juga dapat mendukung tubuh untuk membangun antibodi serta melawan infeksi.

Kunyit

     Rempah-rempah super ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Kunyit mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan. Mengonsumsi kunyit dapat mencegah bahkan melawan penyakit flu atau pilek.

Ubi jalar

     Ubi jalar mengandung vitamin A yang memiliki peran penting terhadap kesehatan permukaan mukosa, termasuk juga saluran pencernaan, bagian dalam hidung, dan kulit. Sebagian besar orang mungkin tidak berpikir jika infeksi sebenarnya bisa memasuki tubuh melalui kulit dengan mudahnya. Sebagai informasi, kulit juga merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Sup ayam

     Salah satu makanan yang dinilai ampuh untuk meredakan flu adalah sup ayam. Selain mudah membuatnya, makanan ini juga enak untuk disantap. Komposisi air dalam sup mampu diserap tubuh untuk membantu mengencerkan lendir yang pada akhirnya mudah untuk dikeluarkan. Ayam hadir di dalam sup juga memiliki kandungan gizi yang tinggi dan mempunyai efek anti-inflamasi pada tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi pembengkakan atau peradangan yang terjadi pada saluran sinus dan hidung.

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog