Home » , » 6 Kemampuan Yang Wajib Dimiliki Seorang Blogger

6 Kemampuan Yang Wajib Dimiliki Seorang Blogger

Micro Cyber 2 - Seiring berkembangnya zaman terutama dalam dunia internet, blogging menjadi suatu aktivitas yang cukup banyak diminati oleh banyak orang. Tentunya berbagai blog akan berisikan artikel yang berbeda yang tentunya harus bermanfaat dan mengisi dengan konsisten. Aktivitas blogging ini banyak diminati kalangan muda sampai yang tua. Berbagai tujuan dan niat membuat sebuah blog memanglah berbeda disetiap pribadinya seperti ada yang hanya sharing info saja, iseng-iseng saja, atau bahkan untuk berbisnis online.

Tentunya yang menjadi dambaan setiap blogger adalah menjadi blogger yang terkenal dan sukses. Untuk menjadi blogger sukses tentunya tidak mudah dan yg namanya usaha itu kan harus perlu pengorbanan waktu dan tenaga kan sob ? Nah, dan yang menjadi modal dasar kita adalah harus memiliki kemampuan tentang dunia komputer dan internet.
Berikut beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorag blogger untuk menjadi blogger yang professional dan Insyaallah sukses :

1. Mampu Menggunakan Komputer

Ini adalah suatu upaya yang paling dasar, karena yang namanya blogging itu tentunya tidak lepas dari yang namanya komputer. Yang dimaksud komputer tersebut adalah seperti PC, Laptop, Tablet, Gadget, iPad, dll. Dengan kemampuan ini adalah cara terbaik akan menjadi bekal awal untuk melangkah menjadi seorang blogger.


2. Harus Bisa Menggunakan Internet

Nah, yang kedua ini juga bisa disebut dengan dasar-dasar awal menuju ke dunia blogging. Karena tentunya dalam aktivitas blogging itu harus menggunakan internet karena blog itu merupakan salah satu jenis aplikasi web dengan konsep CMS (Content Management System). Selain itu juga belajar otodidak melalui dunia internet seperti cara-cara mengembangkan blog, dll.


3. Harus Pandai Menulis Artikel

Berikutnya seorang blogger akan dituntut kemampuanya dalam menulis sebuah artikel atau tulisan. Ini merupakan bagian yang penting untuk keamanan sebuah blog. Karena pasti banyak sekali blogger pemula-pemula seperti saya ini membuat sebuah artikel dengan cara yang tidak original dan itu semuanya hasil copy paste. Kelakuan seperti itu akan mengancam blog kita sendiri seperi terancam mendapatkan blacklist dan akan di banned/ dihapus oleh pihak google. Saya memiliki saran kepada sobat semua jika ingin copas sebaiknya jangan, kalian bisa menjadikan artikel dari blog tetangga sebagai referensi saja atau menjadikan sbuah ide-ide atau gagasan untuk membuat artikel soba. Yang penting jangan sampai sobat melakukan copas yang berlebihan.


4. Belajar Memahami Bahasa Pemrograman Web


Kenapa harus memahami bahasa pemrograman web !? Karena sebuah blog itu pada dasarnya dibentuk dengan susunan bahasa pemrograman web. Selain itu bahasa pemrograman web itu juga digunakan untuk mendesain sebuah blog, mengatur tata letak, menambahkan fitur-fitur dalam sebuah blog. Nah, ini diantaranya merupakan bahasa-bahasa yang harus sobat pelajari :

a. HTML (Hypertext Transfer Protocol)
b. CSS (Cascade style sheet)
c. Javascript


5. Harus Memahami Kode Template Pada Blog

Alasan harus memahami kode adalah agar saat ada masalah pada tampilan atau apalah dalam blog, sobat bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus bergoanti-ganti template blog. Karena kode dalam template tersebut tersusun rapi jadi mudah dipahami dan dihafalkan dasar-dasarnya.


6. Memahami SEO (Search Engine Optimization)

Nah, yang satu ini juga tidak kalah penting dari yang yang sebelumnya. Karena SEO inilah adalah upaya yang kita lakukan sebagai webmasterdalam mengelola sebuah blog atau situs agar mudah terdeteksi/ ditemukan oleh mesin pencari, yang seo dibagi menjadi dua aspek yaitu SEO onpage dan SEO offpage. Seperti yang kita lakukan promosi di dalam atau diluar situs kita.

Nah, itulah beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang blogger. Semoga artikel diatas bermanaat untuk sobat semuanya. Terimakasih~

0 komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Arsip Blog