Home » » Apa Sih Domain Authority dan Page Authority Itu ?

Apa Sih Domain Authority dan Page Authority Itu ?

Micro Cyber 2 - Berbicara tentang DA dan PA ini tentunya akan berhubungan dengan yang namanya Tekhnik SEO. Karena Apa ? Karena DA dan PA ini yang akan menentukan kualitas dari sebuah situs website itu sendiri pada mesin pencari. Nah, tetapi DA dan PA hasilnya pasti akan berbeda, jika DA dan PA tinggi berarti mesin pencari sangan menyukai website tersebut. Oke langsung saya jelaskan pengertian tentang DA dan PA !
Pengertian DA dan PA

Pengertian Domain Authority (DA) 

Domain Authority atau Otoritas Domain adalah ukuran kekuatan sebuah nama domain dan merupakan salah satu dari banyak faktor peringkat mesin pencari. Domain Athority didasarkan pada tiga faktor yaitu Usia, Popularitas, dan Ukuran. Dengan memiliki tiga faktor tersebut situs web akan mudah sekali mendapatkan peringkat yang tinggi dalam hasil pencarian. Domain Authority didasarkan pada skala logaritmik dari 1 sampai 100, dimana setiap situs yang memiliki DA paling besar itulah situs yang paling bagus daripada dengan situs yang memiliki DA tinggi, contoh :

Situs A memiliki DA 30
Situs B memiliki DA 50

Maka situs yang paling bagus adalah situs B, karena memiliki DA yang lebih besarsama seperti PageRank, semakin besar nilainya semakin tinggi rankingnya. Oo iya, biasanya kalau menggunakan subdomain .blogspot.com DA akan bernilai 90 keatas.

Lalu, Bagaimana Cara Untuk Meningkatkan Domain Authority ?

Sebenarnya sih ada banyak cara untuk meningkatkan domain authority dari suatu website, diantaranya adalah seperti dibawah ini :

1. Usia Domain

Usia Domain merupakan salah satu cara mesin pencari menaikkan DA. semakin lama usia sebuah domain maka semakin tinggi pula ranking domain tersebut. sobat bisa menaikkan DA di Top Level Domain atau dotcom sobat, akan tetapi untuk blogspot, wordpress, blogdetik, kompasiana dan semisalnya tidak akan bisa dinaikkan DA nya

2. Popularitas Domain

Popularitas sebuah Domain bisa diukur dari banyaknya link yang masuk dan tentunya harus backlink yang berkualitas.

3. Jumlah Post Yang Bermanfaat Untuk Pembaca

Salah satu indikasi untuk menaikkan ranking DA adalah banyaknya link dari sebuah domain tersebut. hal ini bisa dilihat dari banyaknya artikel atau postingan yang telah dibuat oleh penulis suatu website. tentunya artikel yang bermanfaat lah yang akan dilihat oleh mesin pencari.


Pengertian Page Authority (PA)

Page Authority atau Otoritas Halaman adalah istilah SEO digunakan untuk menggambarkan probabilitas bahwa halaman tertentu dari website sobat akan ditemukan di mesin pencari. Page Authority didasarkan pada skala logaritmik dari 0 sampai 100 dan berkaitan dengan relevansi informasi dan link dalam halaman situs satu sama lain. Page Authority yang lebih tinggi berarti kemungkinan besar halaman sobat muncul di search engine, yang akan berada di bagian teratas mesin pencari. Pengitungan nilai tertinggi seperti contoh DA diatas.

Lalu Bagaimana Cara Meningkatkan Page Authority?


  • Optimisasi Keyword

  • Sering Update Postingan

  • Postingan  Bermanfaat Untuk Pembaca

  • Dan Yang Tak Kalah Penting Adalah Backlink Yang Berkualitas


  • Okey, PA dan DA selesai dan tuntas kita bahas, sekarang saatnya cek website sobat semua untuk mengetahui seberapa tinggi DA dan PA website sobat, Bagaimana Caranya? Caranya mudah, sobat tinggal memasukkan Url di Link yang menyediakan pengecek DA dan PA dibawah ini :

    http://moz.com/researchtools/ose/
    http://www.bulkdachecker.com/
    http://moonsy.com/domain_authority/
    http://moonsy.com/page_authority/
    http://smallseotools.com/domain-authority-checker/
    http://smallseotools.com/page-authority-checker/
    http://99webtools.com/page-authority-domain-authority-checker.php

    Nah, itulah kiranya penjelasan singkat tentang Domain Authority dan Page Authority. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk sobat semua. Terimakasih~


    .:: www.microcyber2.blogspot.com ::.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Mengenai Saya

    Arsip Blog