Home » , , , » Air Terjun Lembah Bongok - Surga Tersembunyi Di Bumi Wali

Air Terjun Lembah Bongok - Surga Tersembunyi Di Bumi Wali

Kabupaten Tuban merupakan salah satu kabupaten yang sangat terkenal sebagai daerah tujuan wisata religi. Hal ini tak terlepas dari keberadaan banyak makam ulama besar yang dahulu menjadi penyebar agama Islam, hal ini pula yang menjadikan kabupaten Tuban mendapat julukan 'Bumi Wali'.

Namun tak banyak orang yang tahu bahwa di kabupaten Tuban ternyata tersimpan banyak potensi wisata alam. Salah satu potensi tersebut adalah Air Terjun Lembah Bongok yang berada di Desa Jetak, Montong, Tuban, Jawa Timur.

Bagi para traveler yang weekend ini berencana datang ke Jawa Timur dan melewati daerah Tuban, maka sempatkanlah untuk mengunjungi destinasi wisata air terjun Lembah Bongkok. Suasana alam bebas tentunya memberikan kesan segar dan damai, hal ini tak lepas dari kondisi alam sekitar air terjun yang masih terjaga kealamiannya dan belum banyak disentuh tangan manusia. Selain itu pemandangan di Air Terjun Lembah Bongok juga begitu menawan serta menyegarkan mata.

Informasi Mengenai Air Terjun Lembah Bongok.

Lembah Bongok sendiri merupakan lembah yang berada di tengah kawasan hutan jati yang terdapat di wilayah perbukitan kapur. Lokasinya relatif jauh yakni sekitar 30 kilometer dari pusat kota Tuban. Letaknya yang cukup jauh dari pusat kota menyebabkan Air Terjun Lembah Bongok masih belum banyak kenal orang, bahkan bagi sebagian masyarakat Tuban sendiri.

Namun tempat wisata alam ini kini mulai dikenal oleh masyarakat luas, pasalnya telah banyak orang yang mengunggah foto selama di Air Terjun Lembah Bongok ini. Terlebih lagi ada tim dari detik.com yang telah meliput tempat ini dan menulisnya di laman berita tersebut. Dan sekarang giliran saya yang menginformasikan mengenai destimasi wisata menarik yang satu ini.

Akses Menuju Air Terjun Lembah Bongok.

Akses jalan yang harus dilakui untuk dapa tiba di lokasi air terjun lembah bongok ii hanya dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan roda dua. Pasalnya jalan tanah yang belum beraspal lah yang akan anda temui di sepanjang 2 km dari pintu masuk desa menuju ke lokasi wisata.

Dikarenakan hanya bisa dilalui dengan menggunakan kendaraan roda dua atau dengan berjalan kaki maka para pengunjung yang sudah terlanjur membawa mobil dapat memarkirkan kendaraannya di ujung jalan beraspal, lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Rutenya memang sedikit jauh, akan tapi bagi anda yang merupakan pecinta alam maka rute perjalanan seperti ini tentulah menjadi suatu keseruan tersendiri.

Akan tetapi jalanan yang masih berupa tanah tak beraspal membawa masalah tersendiri terutama saat musim penghujan, pasalnya pada saat hujan turun mengguyur maka jalanan akan menjadi licin, terlebih lagi saat anda berjalan kaki tentu harus berhati-hati. Motor juga tak dapat digunakan untuk menuju lokasi karena jalannya yang sangat licin, maka dari itu harus diparkir agak jauh.

Keindahan Air Terjun Lembah Bongok.

Namun setibanya para pengunjung di Air Terjun Lembah Bongok, semua rasa lelah akibat menempub perjalanan akan sirna seketika dan berganti rasa semangat untuk bermain air di Air Terjun Lembah Bongok. Indahnya alam sekitar membuat perasaan menjadi sangat tenang. Ditambah lagi dengan suara burung dan monyet liar yang semakin membuat suasana damai untuk refreshing terasa kian sempurna.

Di Air Terjun Lembah Bongok terdapat 2 buah air terjun indah yang menghiasi tebing berbatu Lembah Bongok. Para pengunjung dapat menikmati bagaimana sensasi mandi di bawah guyuran air terjun. Dan tidak jarang para pengunjung juga mencoba memanjat tebing untuk sekedar berfoto di atas aliran air untuk dipamerkan di media sosial. Sungguh menyenangkan bukan?

Jalur Menuju Ke Air Terjun Lembah Bongok.

Jika anda ingin datang ke air terjun bongok anda bisa mengikuti jalur berikut ini :

* Untuk menuju ke destinasi wisata ini, anda bisa berangkat dari kota mengikuti jalur pantura Tuban-Semarang, setelah melewati rumah makan Pangestune anda akan menemukan pertigaan lalu pilih belok kiri dan ikuti petunjuk ke Merakurak.
*Dan setelah tiba pertigaan pilih lurus hingga bertemh pertigaan SMPN4, kemudian belok kanan hingga mentok dan bertemu pertigaan lagi lalu belok kiri kemudian mengikuti petunjuk ke Montong.
*Ikutilah jalan raya Montong ini hingga bertemu dengan pertigaan yang ada mushola kecil berwarna hijau, pilih belok kiri dan setelah memasuki gapura Desa Talun anda akan bertemu pertigaan lalu belok kiri hingga mentok dan bertemu pertigaan sekolah NU lalu belok kiri lagi dan ikuti jalan hingga masuk ke area ladang jagung.
*Ikuti jalan hingga bertemu pertigaan yang terdapat papan petunjuk ke arah Makom Singgo Negoro. Ikutilah petunjuk tersebut yaknk lurus terus hingga jalan aspal berubah jadi jalan makadam.
*Tak lama kemudian anda akan bertemu perempatan lalu anda harus belok kanan dan setelah itu anda hanya perlu mengikuti jalan saja.

foto jalur perjalanan ke Air terjun Lembah Bongok.
FotoFoto jalur perjalanan

Himbauan Bagi Travelers:

Masyarakat setempat berharap, jika potensi keindahan alam Lembah Bongok ini agar tidak dibiarkan menjadi rusak begitu saja. Masyarakat percaya jika destinasi wisata menarik ini bisa menarik banyak wisatawan jika dikelola pihak-pihak yang professional di bidangnya. So, tetap jaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan apalagi merusak disana. Cintai Negerimu Cintai Alammu.

Semoga informasi dari saya bermanfaat.